Kamis, 02 Juni 2011

artikel pelabuhan makassar


Perencanaan Pelabuhan Makasar


Dalam Perencanaan Pelabuhan ini secara terperinci dibahas mengenai : 
·        sarana, prasarana, dan fasilitas pelabuhan;
·        masalah pokok tentang ekonomi mikro dalam merencanakan investasi;
·        pendayagunaan suatu modal dari segi operasi;
·        perancangan pelabuhan; dinamika bumi pengaruh lingkungan alam;
·        muatan yang perlu diperhatikan dalam perancangan pelabuhan;
·        jenis konstruksi dasar dalam perancangan pelabuhan maritim;
·        beberapa kemungkinan konstruksi dasar dermaga;
·        penanganan muatan;
·        peran sistem informasi dalam menangani sistem operasi mutakhir;
·        parameter dalam penentuan ukuran pelabuhan; pemecah gelombang;
·        sistem fender;
·        pengerukan;
·        dan analisis dampak lingkungan pembangunan pelabuhan.


Beberapa penyelidikan yang diperlukan sebelum membangun suatu pelabuhan adalah :
1.      survei hidrografi dan topografi.
2.      penyelidikan tanah di rencana lokasi.
3.      pemecah gelombang.
4.      dermaga dan bangunan-bangunan lainnya; angin, arus, pasang-surut dan gelombang.
Pemilihan Lokasi Pelabuhan
Pemiliah lokasi pelabuhan meliputi daerah pantai dan daratan. Pemilihan lokasi tergantung beberapa faktor seperti kondisi tanah dan geologi, kedalaman dan luas perairan, perlindungan pelabuhan terhadap gelombang, arus dan sedimentasi, daratan yang cukup luas untuk menampung barang yang akan di bongkar-muat, jalan-jalan untuk transportasi dan daerah industri di belakangnya.
.Daerah perairan ini harus terlindung dari gelombang, arus dan sedimen. Untuk itu beberapa pelabuhan diletakkan di daerah terlindung seperti belakang pulau, di teluk, muara sungai/estuari. Daerah ini terlindung dari gelombang tapi tidak terhadap arus dan sedimentasi.
Beberapa faktor yang mempengaruhi penentuan lokasi pelabuhan adalah sebagai berikut :
1.      biaya pembangunan dan perawatan bangunan-bangunan pelabuhan, termasuk pengerukan pertama yang harus dilakukan.
2.      Biaya operasi dan pemeliharaan, terutama pengerukan endapan di alur dan kolam pelabuhan.
3.      Pemilihan lokasi dapat ditinjau berdasarkan hal2 berikut :
1. Tinjauan topografi, bathymetri dan geologi.
2. Tinjauan pelayaran.
3. Tinjauan sedimentasi.
4. Tinjauan gelombang dan arus.
5. Tinjauan kedalaman air.


A.  Tinjauan topografi, bathymetri dan geologi.
          Data bathymetri bertujuan untuk mengetahui variasi kedalaman dan adanya benda penghalang/rintangan alur pelayaran di sekitar Pelabuhan. Sedangkan data topografi dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran situasi dan ketinggian daerah studi yang menyangkut sarana dan fasilitas dermaga
B.  DATA HYDRO-OCEANOGRAPHY. (Tinjauan gelombang dan arus )

1.    Data Pasang Surut

Untuk mengetahui batas-batas muka air laut pada saat pasang tertinggi dan surut terendah maka perlu dilakukan pengukuran pasang surut. Batas muka air laut pada saat surut terendah biasanya disebut dengan Low Water Surface(LWS), berguna untuk menentukan alur pelayaran di perairan pelabuhan agar kapal yang akan masuk maupun yang akan keluar dan sebagai acuan untuk penetapan elevasi kontur tanah dan elevasi seluruh bangunan. Sedangkan batas muka air laut pada saat pasang tertinggi atau disebut juga High Water Surface (HWS), diperlukan untuk menentukan elevasi muka dermaga dan penempatan fender. Data pasang surut dipergunakan untuk melengkapi kebutuhan penggambaran peta bathymetri (peta kontur kedalaman laut), mengetahui posisi muka air absolut terendah dan pola pasang surutnya.

2.    Data Arus

Data arus diambil berdasarkan hasil pengukuran pada saat spring tide (bulan purnama) tanggal 4 – 5 Mei 2003 dan saat neap tide (bulan mati) tanggal 10 – 11 Mei 2003. Dari hasil pengukuran diambil kecepatan arus maksimum sebesar 2.20 m/dtk dari arah barat daya dan timur laut pada saat spring tide.

3.    Data Angin

Angin dapat menyebabkan terjadinya gelombang maupun arus permukaan, namun karena lokasi pelabuhan yang terlindung maka pengaruh gelombang akibat angin relatif kecil. Pengaruh angin digunakan sebagai pembanding dalam perencanaan boulder. Data angin yang dipakai diperoleh dari Badan Meteorologi setempat.

C.  DATA PENYELIDIKAN TANAH
         Untuk mendapatkan parameter-parameter tanah yang dibutuhkan dalam perhitungan, harga SPT (N) yang diperoleh dari hasil pengetesan di lapangan harus dikoreksi terlebih dahulu terhadap kondisi muka air. Menurut Terzaghi dan Peck bila tanah berada di bawah muka air maka perumusan harga N terkoreksi adalah:
Nterkoreksi = 15 + 0.5 . (N – 15)
Harga N terkoreksi tersebut yang digunakan untuk menentukan parameter-parameter tanah yang lain dengan menggunakan perumusan yang ada. Untuk menentukan harga gt dan gsat dapat diperoleh dari perumusan J.E. Bowles (Daya Dukung Pondasi Dalam oleh Prof. Dr. Herman Wahjudi).
Untuk menentukan harga f pada kondisi tanah ganular terdapat berbagai perumusan yaitu perumusan Dunham, Osaki dan Meyerhof (cara grafis). Berdasarkan ketiga perumusan tersebut selanjutnya dipilih f rata-rata. Sedangkan untuk tanah lempung f= 0
D.  DATA KAPAL
Data kapal yang didapat dari pihak PT. Pelabuhan Indonesia III yang nantinya akan berpengaruh dalam rangka perencanaan dermaga adalah kapal jenis panamax dengan ciri-ciri sebagai berikut:
 Dead Weigh Tonnage = 30.000 DWT
 Length = 187 m
 Width = 27,1 m
 Depth = 14,6 m
 Full Draugth = 10,3 m

E.  DATA STRUKTUR EKSISTING
         Data-data struktur eksisiting yang akan digunakan adalah data strutur eksisting eksternal karena ini digunakan untuk menghitung stabilitas kaison apabila nanti terjadi penambahan beban akibat pelaksanaan pengembangan dermaga. Data-data eksternal adalah data tanah tepat di bawah kaison serta gambar penampang dari pondasi kaison tersebut.

F.   TINJAUAN PEMECAH GELOMBANG
         Perencanaan breakwater sebagai pelindung pelabuhan dari pengaruh sedimentasi dan gelombang besar di rencanakan setelah memperoleh data gelombang, arus air, arah angin, data topografi. Karena breakwater di letakkan dimana gelombang mulai pecah di laut.












DAFTAR PUSTAKA
www.google/bing.com

1 komentar: